Tugas UTS

Untuk UTS, tugas kelompok (maksimal 3 orang) mencari model ekonometrika dari jurnal yang akan diadopsi untuk menguji kasus Indonesia atau Asia.
(1) Mencari model ekonometrika dalam jurnal, disarankan jurnal internasional
(2) Mencari data Indonesia atau Asia sebagai proxi dari variabel yang tercantum dalam model ekonometrika
(3) Melakukan regresi sederhana dari data dan model yang sudah dilakukan pada tahap 1 dan 2.


Tugas UAS

Menguji apakah hasil regresi yang dilakukan pada saat UTS memenuhi kriteria asumsi klasik ataupun uji apriori. Berikut ini beberapa uji yang disarankan:
(1) uji statistika (t dan F)
(2) uji asumsi klasik (LM test, White test, RESET, JB)
(3) uji apriorit (apakah hasil estimasi sesuai dengan penelitian sebelumnya)

Asisten Ekonomet Headline

Friday, March 30, 2007

Uji Statistik- Persamaan Regresi OLS (minggu ke4)

Pada pertemuan asisten ekonomet hari Kamis, 29 Maret 2007 kita ingin mencoba belajar untuk membaca hasil dari pengolahan data yang sudah kita lakukan. Lihat Introducing Eviews. Setelah kita menemui tabel anova sepeti gambar berikut:

Yang selanjutnya kita lakukan adalah membaca atau menginterpretasikan apa yang terdapat di dalam tabel tersebut.

Berdasarkan pengolahan regresi OLS diatas, dari model Y=α+β1Cons+β2pop+β3labor+ε kita mendapatkan persamaan:

Y=-264.235,2 + 4.323,335 pop – 6,243 labor + 1,496 Cons + ε

Dimana:

Y = pendapatan diprediksi dari GDP @ current market price

Cons = konsumsi yang dilihat dari private consumption
Pop = Populasi yang dilihat dari total populasi
Labor= Jumlah tenaga kerja/Employed labor force

Setelah kita mendapatkan persamaan ini, kita melakukan serangkaian uji pada hasil regresi tersebut. Uji yang pertama kali kita lakukan adalah uji apriori: uji tanda yang kita dapatkan pada hasil persamaan regresi di atas.

Hasil persamaan yang kita dapatkan adalah :

Y= -264.235,2 + 4.323,335 pop 6,243 labor + 1,496 Cons + ε, yang akan kita uji benar tidaknya tanda positif (+) atau negatif (-) yang kita dapatkan benar.

Konstanta: (-) berarti bila variabel yang lain = 0, kita akan tetap melakukan pengeluaran atau ditandai dengan pendapatan(Y) = 0

Pop/Cons : (+) berarti berhubungan searah dengan Y, yang berarti setiap adanya pertambahan konsumsi, dan populasi, ada indikasi bahe\wa pendapatan juga naik.

Labor: (-) berarti setiap pendapatan naik 6,2 poin, kita mengurangi 1 orang tenaga kerja. Atau setiap terjadi penambahan satu orang tenaga kerja kita akan menurunkan pendapatan sebesar 6,2 poin.(apa ini benar?) Seharusnya, tenaga kerja juga turut menyumbang kenaikan pendapatan, karena pekerja bekerja menghasilkan output yang dapat berpengaruh positif terhadap pendapatan.

Jadi, uji apriori adalah uji bagaimana anda dapat menganalisis suatu model menurut pemahaman anda, berdasarkan teori yang pernah ada, tentang benar tidaknya suatu tanda yang aanda dapatkan dalam proses pengolahan data regresi.

Uji yang akan kita lakukan adalah uji statistik, dimana uji statistik itu sendiri dibagi dua, uji t, yang berarti uji keterkaitan antara masing-masing variabel independen terhadap variabel dependennya; yang kedua adalah uji F, yang berarti kita menguji model secara keseluruhan, melihat keterkaitan variabel bebas secara bersama-sama dalam mempengaruhi variabel terikat.

Darimana kita memulai melakukan uji statistik?

Uji t

Pada gambar di atas, di kolom paling kiri kita bisa lihat ada prob. (probability) yang merupakan nilai probabilitas dari setiap variabel bebas dan konstanta.

Cara membacanya:

Pertama kita harus menentukan nilai α, atau derajat kesalahan yang menunjukkan seberapa besar kita menghendaki mentolerasi tingkat kesalahan dari estimasi yang kita lakukan: 1%, 5%, 10%. Untuk ilmu sosial, seperti ekonomi kita biasanya menggunakan α=5-10%, tapi dalam kasus ini, kita menggunakan α=5%.

Bila nilai probabilitas < α, maka kita dapat mengatakan bahwa variabel bebas tersebut signifikan mempengaruhi variabel terikatnya, dan sebaliknya bila nilai probabilitas > α, variabel bebas tersebut tidak signifikan mempengaruhi variabel terikat.

Berarti:

C : 0.679 > 0.05 à Constanta tidak signifikan mempengaruhi Y

Pop : 0.663 > 0.05 à Population tidak signifikan mempengaruhi Y

Labor :0.707 > 0.05 à Labor tidak signifikan mempengaruhi Y

Cons : 0.000 < style="">à Consumption signifikan mempengaruhi Y

Uji F:

Uji F hampir sama dengan uji t, hanya dilihat secara keseluruhan, kita melihat dari Prob (F-statistic), dibagian kanan bawah tabel. Disana terlihat bahwa Prob (F-statistic) = 0.0000, yang berarti lebih kecil dari α=5%, kita dapat membacanya: variabel bebas (populasi, tenaga kerja, dan konsumsi) bersama-sama signifikan mempengaruhi Y.

No comments: