Tugas UTS

Untuk UTS, tugas kelompok (maksimal 3 orang) mencari model ekonometrika dari jurnal yang akan diadopsi untuk menguji kasus Indonesia atau Asia.
(1) Mencari model ekonometrika dalam jurnal, disarankan jurnal internasional
(2) Mencari data Indonesia atau Asia sebagai proxi dari variabel yang tercantum dalam model ekonometrika
(3) Melakukan regresi sederhana dari data dan model yang sudah dilakukan pada tahap 1 dan 2.


Tugas UAS

Menguji apakah hasil regresi yang dilakukan pada saat UTS memenuhi kriteria asumsi klasik ataupun uji apriori. Berikut ini beberapa uji yang disarankan:
(1) uji statistika (t dan F)
(2) uji asumsi klasik (LM test, White test, RESET, JB)
(3) uji apriorit (apakah hasil estimasi sesuai dengan penelitian sebelumnya)

Asisten Ekonomet Headline

Tuesday, November 11, 2008

Model Faig dan Jerez: Obligasi Republik Indonesia

oleh Andreas Filipus Fego Djene (3021028), Erni Imelda (3041007), Tresya Linda Yana (3041013)

Dengan menggunakan data kuartalan antara 2001.1 sampai 2005.4 dengan kasus Indonesia, tulisan ini mengadopsi model Faig dan Jerez untuk menganalisis ORI (Obligasi Republik Indonesia). Secara statistik, jumlah uang beredar (M1) mempunyai pengaruh yang signifikan, namun tidak bagi GDP nasional. Meskipun memenuhi asumsi klasik (homoskedastis, tidak ada autokorelas, tidak ada pengaruh multikolinear, maupun memenuhi uji normalitas), model ini menunjukkan bahwa GDP tidak mempengaruhi besar obligasi pemerintah. Hal tersebut sangat mungkin untuk negara berkembang seperti Indonesia, di mana rata-rata GDP sangat kecil mengingat aktivitas ekonomi hanya terkonsentrasi di kota-kota besar saja. Padahal penduduk Indonesia banyak tersebar di berbagai pulau yang seringkali justru tidak ada aktivitas ekonomi yang menuntut peredaran uang.

Miquel Faig dan Belen Jerez, "Inflation, Prices, and Information in Competitive Search", www.benpres.com/bejm/advances/vol6/iss1/art3

No comments: