Tugas UTS

Untuk UTS, tugas kelompok (maksimal 3 orang) mencari model ekonometrika dari jurnal yang akan diadopsi untuk menguji kasus Indonesia atau Asia.
(1) Mencari model ekonometrika dalam jurnal, disarankan jurnal internasional
(2) Mencari data Indonesia atau Asia sebagai proxi dari variabel yang tercantum dalam model ekonometrika
(3) Melakukan regresi sederhana dari data dan model yang sudah dilakukan pada tahap 1 dan 2.


Tugas UAS

Menguji apakah hasil regresi yang dilakukan pada saat UTS memenuhi kriteria asumsi klasik ataupun uji apriori. Berikut ini beberapa uji yang disarankan:
(1) uji statistika (t dan F)
(2) uji asumsi klasik (LM test, White test, RESET, JB)
(3) uji apriorit (apakah hasil estimasi sesuai dengan penelitian sebelumnya)

Asisten Ekonomet Headline

Tuesday, February 24, 2009

Model Jacob Wanjala Musila: Pangsa Pasar Ekspor Indonesia

oleh Lie Herlie Dewi S. dan Inneke Bahtiar

Dengan menggunakan sampel data berupa export Indonesia ke 37 negara, output yang dihasilkan menunjukkan bahwa ekspor ditentukan oleh variabel GDP negara tujuan dan jarak. GDP negara tujuan mempunyai koefisien positif sedangkan jarak negara tujuan dengan Indonesia mempunyai koefisien negatif. Jumlah populasi justru tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan demikian juga kawasan ASEAN. Dengan kata lain, kawasan ASEAN masih belum mempunyai peran yang signifikan sebagai pasar ekspor Indonesia, sementara pangsa pasar negara-negara ASEAN masih mengandalkan pasar Amerika dan Jepang. Tidak heran, karena negara tersebut mempunyai GDP perkapita sebesar $50,000. Jelas merupakan pangsa pasar yang sangat menjanjikan. Sangat berbeda dengan common market di Afrika seperti temuan Musila.



Jacob Wanjala Musila, The Common Market for Eastern and Southern Africa and Kenya's Export Trade, International Journal of Social Economics, Vol 31, No 1/2, 2004, pp 67-77.

No comments: